Cara Unik Mendekorasi Rumah dengan Buku

Diposting oleh zhaly imoetz on Jumat, 25 Mei 2012


imgJakarta - Punya banyak koleksi buku? Jangan hanya menyimpannya di rak atau lemari. Buku juga bisa dijadikan properti untuk mendekorasi ruangan. Warna dan desain sampul yang beraneka ragam, jika disusun sedemikian rupa bisa jadi pemanis ruangan yang unik dan menarik.

Ini dia beberapa trik menghias ruangan dengan buku, seperti dilansir Gal Time.

1. Teknik Tumpuk
Pilih empat sampai lima buku dengan ketebalan halaman yang berbeda. Tumpuk buku-buku tersebut di atas meja kecil atau kotak penyimpan berukuran besar.

Sebagai sentuhan artistik, taruh pajangan kecil di atas tumpukan buku. Misalnya souvenir berbentuk Menara Eiffel, Singa Merlion atau vas bunga mungil. Tempatkan tumpukan buku di sudut ruang tamu dan lihat bagaimana hiasan yang Anda buat sendiri ini memberi suasana baru yang unik.

2. Bermain Warna
Jika Anda penggemar berat buku dan mengoleksi puluhan, bahkan ratusan buah, bisa menyusunnya seperti karya seni. Sampul buku biasanya didesain menarik dengan berbagai warna. Susun buku-buku berdasarkan warna; mulai dari warna yang terang hingga gelap atau dari gelap ke terang. Tempatkan di rak besar atau lemari kaca. Trik dekorasi ini cocok diterapkan untuk ruang keluarga atau kamar tidur.

3. Kombinasi
Buku-buku berukuran besar dengan desain yang cantik dan artistik bisa Anda pajang layaknya lukisan. Tempatkan di rak secara vertikal dengan sampul menghadap ke depan, lalu susun buku-buku lainnya dengan posisi menyamping (hanya bagian samping buku yang terlihat) di sisi kiri dan kanan buku utama. Anda juga bisa menaruhnya di lemari kaca, dan letakkan hiasan-hiasan kecil di sekelilingnya.

Tips
Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mendekor rumah dengan buku:

- Jangan terlalu banyak menempatkan susunan buku sebagai hiasan di ruangan yang sama. Misalnya tumpukan buku di atas meja kecil, bufet dan rak di ruang tamu. Bukannya mempermanis ruangan, justru akan membuatnya terlihat berantakan. Cukup tempatkan di salah satu sudut favorit atau focal point ruangan Anda.

- Hanya pilih buku-buku dengan gambar dan warna sampul yang menarik dan menggunakan hard cover untuk dijadikan hiasan. Buku yang tipis dan bersampul sederhana, sebaiknya simpan di container atau lemari buku tertutup.

- Dekorasi jenis ini sifatnya temporer atau tidak permanen, jadi posisinya bisa mudah berubah dan rentan terkena kotoran. Jangan lupa untuk menata ulang dan membersihkannya dari debu setiap satu kali seminggu.

sumber:wolipop.detik.com

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar